Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menulis artikel sederhana untuk blog.

Buat kamu yang kebingungan dengan cara menulis artikel blog, artikel ini sangat cocok untuk kamu baca.

kadang-kadang orang tidak tahu bagaimana memulai karena dia tidak tahu atau tidak menentukan jenis tulisan yang dia buat itu apa.

biasanya ini terjadi pada orang yang baru mulai menulis artikel untuk blog nya.

Cara menulis artikel sederhana untuk blog.


2 Jenis Tulisan Artikel Blog

ada dua tipe tulisan untuk blog sebenarnya itu.

tipe tulisan yang pertama adalah tulisan narasi cerita kehidupan sehari-hari atau cerita cerpen puisi. jenis tulisan ini merupakan jenis tulisan yang tidak banyak dicari di internet karena ini semacam hanya tulisan curhatan dari penulis.

tulisan yang kedua adalah tulisan informatif deskriptif yang menjelaskan sesuatu. jenis tulisan ini ada banyak sekali bisa tutorial bisa tulisan berita atau opini. bisa juga review produk atau tempat. biasanya jenis tulisan kedua ini banyak dicari orang di internet.

kalau anda sudah menentukan jenis tulisan apa yang akan ditulis, langkah selanjutnya akan lebih mudah dan lebih jelas.

cara menulis artikel narasi

untuk menulis artikel narasi method cerita biasanya Anda harus menentukan poin-poin plot atau alur dari cerita yang akan anda tulis. 

Anda bisa membuat poin-poin berdasarkan kerangka waktu atau tempat atau kombinasi antara keduanya.

misalnya ada ingin menulis artikel blog tentang kisah Anda sewaktu SD dari kelas 1-6.

Anda bisa membagi kerangka tulisan kisah Anda berdasarkan kelas-kelas anda. misalnya di kelas 1 terjadi apa saja hal yang menarik dalam hidup anda untuk bisa ditulis.

melengkapi tulisan anda dengan dokumentasi foto akan jadi lebih menarik dan membuat cerita menjadi lebih hidup.

BTW Anda juga bisa membuat cerita berdasarkan foto-foto yang yang anda miliki saat itu. Anda bisa menjelaskan kejadian apa yang terjadi yang terekam di foto tersebut.

misalnya Anda waktu SD memiliki rekaman foto 50 itu bisa jadi 50 tulisan di blog Anda Anda masing-masing foto punya cerita.

biasanya untuk memulai sebuah tulisan cerita itu dimulai dengan kata-kata pada suatu hari atau pada suatu ketika atau ini adalah kisah saya 7 tahun yang lalu saat SD.

tulisan semacam ini tidak harus panjang seperti minimal 500 kata atau 1000 kata. karena ini adalah tulisan yang memang bebas.

anda bebas cerita ngalur ngidul bahkan tidak enak dibaca pun tidak masalah yang penting anda menceritakan kisah hidup anda dalam artikel blog.

 percayalah semakin sering anda menulis saya yakin kemampuan bercerita Anda atau sistematika cerita anda akan semakin baik dan alurnya semakin menarik. 

cara menulis artikel informatif deskriptif

beda halnya dengan artikel narasi, artikel informatif ini memiliki beberapa pakem yang harus diikuti supaya artikel ini banyak mendapatkan pembaca.

contoh artikel informatif itu seperti artikel tutorial, artikel review, sinopsis film, dan sebagainya.

biasanya kerangka dari artikel ini adalah judul, pendahuluan atau pembukaan, pembahasan, dan terakhir kesimpulan.

misalnya Anda ingin membuat artikel tentang cara pembuatan aquascape.

di bagian pertama anda akan menjelaskan apa itu aquascape kemudian trend perkembangan aquascape di Indonesia misalnya dan kalimat persuasif yang mengajak pembaca untuk lebih lanjut tentang pembuatan aquascape.

di bagian pembahasan ini akan kita bagi menjadi 3 bagian.

 bagian pembahasan pertama kita akan menjelaskan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat aquascape.

bagian pembahasan kedua kita akan menjelaskan urutan pembuatan aquascape.

bagian pembahasan ketika kita akan menjelaskan bagaimana perawatan aquascape pasca pembuatan.

nah di bagian terakhir dari artikel ini adalah kesimpulan. kita bisa membuat kesimpulan dengan cara cara memberikan opini kita terhadap proses pembuatan Aquascape tersebut. 

demikian contoh kerangka artikel informatif deskriptif tentang aquascape. 

untuk membuat artikel informatif seperti ini anda harus menguasai materi  atau topik yang akan anda tulis. dengan demikian artikel yang anda tulis akan berkualitas baik.

Anda bisa belajar tentang topik tersebut melalui web atau YouTube. banyak orang-orang ahli yang membagikan ilmunya di website maupun YouTube. Anda tinggal mempelajarinya untuk membuat artikel yang berkualitas.

Penutup 

kita sebenarnya memiliki kemampuan untuk menulis. kemampuan tersebut hanya perlu diasah dengan sering melatihnya.

pengetahuan yang kita butuhkan untuk menulis sebenarnya sudah ada di otak kita hanya kita perlu belajar untuk bagaimana menarik benang merah dari pengetahuan pengetahuan itu supaya bisa sistematis menjadi pemaparan yang baik.

nah demikian sedikit tips dari saya tentang bagaimana cara menulis artikel sederhana untuk blog secara sederhananya. semoga tulisan ini bermanfaat dan menginspirasi para blogger blogger di seluruh Indonesia.

terima kasih sudah membaca.



Posting Komentar untuk "Cara menulis artikel sederhana untuk blog."